Pages

27/01/14

HIDUP HEMAT

INDAHNYA HIDUP TANPA PEMBOROSAN

Seorang wanita yang salehah selalu menyiapkan makanan sesuai kebutuhan. Dia tidak memasak makanan secara berlebihan. Ini menunjukkan bahwa dia tidak boros dan dapat mengatur belanja. Sebagai suri tauladan dalam hal ini, yaitu: Ummul Mukminin, Aisyah Ra, berkata:”Tidak tersisa di atas meja makan Rasulullah Saw, walau sedikit roti gandum.”

Dalam riwayat lain diceritakan bahwa ‘Aisyah Ra. Berkata:”Tidaklah akan diangkat meja makan Rasulullah Saw, yang diatasnya tersisa dari makanan.
“ Di antara yang dilarang dalam islam yaitu yang termasuk dalam pemborosan, seperti: memakai bejana makan dari emas dan tembaga (peralatan makan dan minum). Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah Ra. Bahwa Rasulullah Saw. Bersabda:”Orang yang minum dengan gelas yang terbuat dari tembaga sesungguhnya ia telah berkumur dengan api neraka.”
baca selengkapnya

Dalam hadits lain juga yang diriwayatkan oleh muslim. Rasulullah Saw. Bersabda: ” Sesungguhnya orang yang makan dan minum dengan bejana emas dan tembaga sesungguhnya ia telah memasukkan api neraka dalam perutnya.”

Saudariku, Islam itu adalah agama yang bijaksana dalam pemborosan dan berlebihan serta tanda dari kemewahan, maka Islam melarang hal itu. Agama Islam menganjurkan pada pengikutnya untuk bertawadhu’ bukannya bermewah-mewahan atau hidup boros. Rasulullah Saw, pernah berkata pada Muadz bin Jabal Ra, ketika mengutusnya ke Yaman: “Jauhilah hidup mewah karena hamba Allah bukanlah yang bermewah-mewahan.”


SUMBER  : Buku Islami La Tahzan

0 kritik dan saran:

Posting Komentar