Pages

14/01/14

AKHLAK MULIA

Akhlak Mulia adalah Perisai Dalam Hati

Saudariku, manusia adalah cermin dari manusia lainnya. Jika kitabergaul dengan manusia yang berakhlak mulia, niscaya kita juga akan memiliki akhlak mulia. Begitu pula jika kita bergaul dengan manusia yang berakhlak jelek, niscaya kita akan tertulari dengan akhlaknya yang jelek itu, dan barangsiapa tidak menghormati orang lain maka jangan harap orang lain akan menghormatinya.
baca selengkapnya
       Saudariku, manusia yang memiliki akhlak mulia cenderung akan mendapatkan ketenangan dan jauh dari kegelisahan, dan dengan berakhlak mulia berarti juga ia beribadah pada Allah. Sebagaimana yang banyak dianjurkan oleh syariat islam. Allah berfirman:”Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.” (QS.al-A’raf: 199)
        Allah juga memberitahukan pada umat islam akan sifat Rasul-Nya yang mulia. Allah berfirman:” Maka disebabkan rahmat dari Allah lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” (QS, Ali’imran: 159).
        Rasulullah SAW telah bersabda:”Yang sangat aku cintai dari kalian adalah yang paling mulia akhlaknya, yang menjaga ketakwaan, yang menyatukan dan mendamaikan, dan yang paling aku benci dari kalian adalah yang suka mengadu domba, memutuskan tali silaturahim, dan mencari aib orang lain.” 
     


Sumber : buku islami La tahzan

0 kritik dan saran:

Posting Komentar