Pages

06/02/14

RESENSI NOVEL

DALAM KEHIDUPAN SELALU ADA KEMUDAHAN
                            
 

Judul buku         : La Tahzan Untuk Wanita
Penulis               : Dr. ‘Aidh Al Qarni
Penerjemah        : Bukhori Abu Syauqi
Penerbit    : Jabal
Kota terbit : Bandung
Tanggal terbit     : 1 Oktober 2004
Tebal buku        : 148 halaman
Ukuran Buku     : 21cm x 29,7cm
Jenis Kertas        : Portrait
No.ISBN   : 979-2423-35-4
baca selengkapnya
         Tujuan diterbitkannya buku ini adalah untuk memotivasi para wanita di dunia agar mereka tidak putus asa dan tidak merendahkan derajatnya, karena di mata Allah derajat wanita sangat tinggi. Ada satu hal yang ditulis oleh penulis yakni setiap kehidupan pasti ada kemudahan.

         Buku ini insya Allah bisa membantu para wanita menggapai kebahagiaan dengan agamanya, serta menyeru para wanita untuk meniti jalan yang lurus dan mendekati kemudahan selepas kesulitan.
Buku ini sangat bermanfaat bagi para wanita di dunia, didalam buku ini mengandung isi antara lain seperti, kita tidak
boleh bersedih karena Allah selalu bersama kita, Allah pasti menolong kita jika kita taat kepada-Nya.
Doa bisa menolak musibah, seperti halnya yang diceritakan oleh penulis dalam buku ini ( hal 42), sebagai umat, janganlah kita menyia-nyiakan waktu di dunia, meskipun hidup di dunia ini tidak sempurna, namun jika kita mempergunakan waktu sebaik-baiknya, maka semua ini menjadi lebih mudah dan tidak diselimuti rasa gelisah.

         Penulis menuliskan, jika engkau mendapat jalan buntu, maka mohonlah petunjuk pada Tuhan Yang Maha Tahu, Insya Allah dengan bantuan-Nya hidup kita menjadi mudah. Sebagai umat Allah kita patut berlindung kepada-Nya dari kegelisahan dan kesedihan. Penuis berpesan, jadilah wanita yang pemberani, karena di mata Allah derajat wanita sangatlah tinggi.

         Karena buku ini bermanfaat, di Timur Tengah menjadi best seller, terjual lebih dari satu juta buku. Setiap buku pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, kekurangannya adalah, buku ini kurang dilengkapi gambar – gambar, sehingga saya membacanya sedikit bosan, dari segi isi, isinya hanya membahas seputar keagungan wanita saja, sehingga saya membacanya sedikit bosan.
         Sedangkan kelebihannya adalah, buku ini mampu memotivasi saya untuk terus berusaha, karena disetiap kesulitan pasti ada kemudahan, dan saya lebih yakin bahwa Allah selalu bersama kita. Kelebihan lainnya, buku ini juga mengajarkan tentang pengetahuan islam, karena di dalam buku ini banyak tertera hadist dan firman Allah.

         Perbandingan buku ini dengan buku yang lain adalah, kebanyakan buku-buku lain yang diterbitkan oleh Jabal tidak lengkap, tetapi buku ini memiliki tingkat   kelengkapan yang cukup.

         Untuk penggunaan bahasa, penulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembacanya, baku, padat, dan jelas. Selain itu penulis juga memperhatikan kepaduan, keruntutan, serta kelogisan. Setelah saya membaca buku ini, saya mengamati jika buku ini memiliki kepaduan kalimat yang baik, keruntutannya runtut dari awal hingga akhir, namun saya melihat banyak kalimat yang kurang efektif.

         Latar belakang penulis, beliau sekolah hingga S3, selain itu beliau telah mengarang buku-buku tafsir, hadis, Fiqh, Adap, dan Sirah (Kisah). Beliau memiliki tingkat kekreatifan dalam menulis.


         Kritik dan saran : Buku ini memang bagus, namun masih banyak kata – kata yang kurang efektif, alangkah baiknya jika menggunakan kata yang singkat namun jelas. 

by  :  www.manfuzz.blogspot.com

0 kritik dan saran:

Posting Komentar